Translate

Jumat, 02 Mei 2014

ANALISIS PUISI


1.      Menyesal (A. Hasymi)
·         Tema               : Penyesalan dihari tua.
·         Feeling                        : Bait 1) Pengarang merasa menyesal karena hilangnya 
                                      waktu dimasa muda.
                                Bait 2) Pengarang menyesali waktu muda yang tidak  
                                           digunakan untuk melakukan sesuatu yang  
                                           berharga.
                               Bait 3) Pengarang merasa tak ada gunanya menyesali 
                                           perbuatan yang sudah dilakukan dimasa muda.
                               Bait 4) Pengarang berharap agar dapat memanfaatkan 
                                           waktu sebaik mungkin.
·         Amanat           : Jangan mengabaikan masa muda dan kita harus  
                           mengisi masa muda dengan hal-hal yang berguna.
·         Korespondensi            : Bait 1) Orang yang menyesal dimasa tua karena hilangnya 
                                      masa muda.
                          Bait 2) Orang yang menyesal dalam kemiskinan karena     
                                      kelalaian dimasa muda.
                          Bait 3) Menyadari tiada guna menyesali keadaan saat ini.
                          Bait 4) Hanya pengharapan kepada yang muda agar tidak 
                                      seperti dirinya.
·         Musikalitas      : a.) Rima
       Melayang dan membayang : rima sempurna, rima  
                                                     tertutup, dan rima akhir.
       Pergi dan tinggi : rima sempurna, rima terbuka, dan 
                                    rima akhir.
       Sudah dan sudah : rima tengah
       Pagi dan hati : rima tak sempurna, rima terbuka, dan 
                                rima akhir.
       Muda dan harta : rima tak sempurna, rima terbuka, dan 
                                    rima akhir.
       Berguna dan sukma : rima tak sempurna, rima terbuka, 
                                          dan rima akhir.
       Hari dan bakti : rima tak sempurna, rima terbuka, dan 
                                 rima akhir.
b.) gaya bahasa
  Menyesal
Pagiku hilang sudah melayang (pleonasme)
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang (pleonasme)
Batang usiaku sudah tinggi (personifikasi)

Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati (pleonasme)
Miskin ilmu, miskin harta (litotes)

Ah, apa guna kusesalkan
Menyesal tua tiada berguna
Hanya menambah luka sukma (pleonasme)

Kepada yang muda kuharapkan
Atur barisan di hari pagi
Menuju arah padang bakti. (simbolik)

2.      Untuk Tuhan (Emha Ainun Najib )
·         Tema               : Doa dan harapan seseorang kepada Tuhannya.
·         Feeling                        : Pengarang berserah diri kepada Tuhan dengan memohon 
                          ampunan dan harapan agar segala mimpinya  
                          diperkenankan.
·         Amanat           : Kita harus mengawali segala sesuatu dengan    
                          menyebut asma Tuhan, dan kita berserah diri hanya  
                          kepada Tuhan.
·         Korespondensi            : Orang yang mengawali setiap langkahnya dengan  
                           menyebut asma Tuhan, kemudian memohon ampun atas  
                           perasaan  sombong, dan berharap agar keinginannya 
                           diperkenankan oleh Tuhan.
·         Musikalitas      : a.) Rima
       Tuhanku dan langkahku : rima sempurna, rima terbuka, 
                                                 dan rima akhir.
       langkahku dan asma-Mu : rima tak sempurna, rima
                                                  terbuka, dan rima akhir.
       Tahu dan sesuatu : rima rima tak sempurna, rima  
                                      terbuka, dan rima akhir.
       sesuatu dan satu : rima sempurna, rima terbuka, dan 
                                     rima akhir.
       Tuhanku dan mimpiku : rima sempurna, rima terbuka, 
                                              dan rima akhir.
       Tuhanku dan aku : rima sempurna, rima terbuka, dan 
                                      rima akhir.
       Bagi-Mu dan diri-Mu : rima sempurna, rima terbuka,                      
                                             dan rima akhir.
       Nanti dan mati : rima sempurna, rima terbuka, dan rima 
                                  akhir.
                                      b.) gaya bahasa
Untuk Tuhan
1
Tuhanku (repitisi)
Kuawali setiap langkahku (personifikasi)
Dengan asma-Mu
Ampunilah kami
Yang selalu merasa punya nama
Yang tak kunjung tahu
Bahwa segala sesuatu
Akan hanya tinggal Satu
Tuhanku (repitisi)
Adapun diantara beribu mimpiku (hiperbolisme)
Cuma satu yang sejati
Ialah dinafas-Mu
Aku menyertai
Tuhanku (repitisi)
Jika haq bagi-Mu
Perkenankan aku
Tinggal didalam diri-Mu
Agar sesudah lahirku
Yang ini
Dan yang nanti
Takkan mati

3.      Al-Baqarah (Osram)
·         Tema               : Menceritakan kehidupan masyarakat Indonesia setelah 
                           penjajahan.
·         Feeling                        : Bait 1) Pengarang merasa heran terhadap masyarakat 
                                      Indonesia yang tidak memanfaatkan kekayaan  
                                      alam.
                               Bait 2) Pengarang merasa kecewa karena SDA yang ada 
                                           akhirnya hilang dan dimanfaatkan oleh penjajah, 
                                           sedangkan pribumi hanya bisa marah.
                               Bait 3) Pengarang merasa heran ketika baru saja merdeka 
                                           generasi saat itu langsung ingin memperoleh hasil  
                                           tanpa bekerja keras.
                               Bait 4) Pengarang menyindir kepada generasi saat itu yang 
                                           kecewa dan bingung karena tidak memperoleh  
                                               apa yang diinginkan.
                               Bait 5) Menasehati agar terlebih dahulu bekerja untuk 
                                           memperoleh hasil.
·         Amanat           : Sebelum mengharapkan hasil yang kita inginkan, kita
                          harus berusaha atau bekerja keras terlebih dahulu untuk 
                          membangun negeri.
·         Korespondensi            : Bait 1) Sebuah negara yang makmur, kaya akan SDA.
                          Bait 2) Saat negeri itu dijajah masyarakat Indonesia  
                                      menjadi marah.
                          Bait 3) Ketika baru saja merdeka negeri yang suasananya 
                                                 sedang kacau, generasi saat itu langsung 
                                                 berebutan untuk memperoleh hasil.
                               Bait 4) Karena tidak memperoleh hasil yang diinginkan  
                                           generasi saat itu menjadi kecewa dan bingung 
                                           sampai kemudian datang nasihat dari para orang 
                                           tua.
                         Bait 5) Negeri yang sedang kacau jangan langsung ingin 
                                     memperoleh hasil, tetapi bekerja terlebih dahulu  
                                     untuk membangunnya.
·         Musikalitas      : a.) Rima
       besar dan keluar : rima tak sempurna, rima tertutup, 
                                     dan rima akhir.
       selalu dan lalu : rima sempurna, rima terbuka, dan rima 
                                 akhir.
       hilang dan tualang : rima sempurna, rima tertutup, dan 
                                        rima akhir.
       tiga dan nista : rima tak sempurna, rima terbuka, dan 
                                rima akhir.
       pulang dan hilang : rima sempurna, rima tertutup, dan 
                                       rima akhir.

                                       b.) Gaya bahasa
                                                Al-Baqarah
Ada tani keluarga besar
Punya sapi perahan, selalu
Diperah susunya keluar
Berabad-abad lalu

Datang taqdir sapinya hilang
Tak tentu rimbahnya, tiga
Setengah abad lebih tualang
Petani sekerabat menjadi nista

Waktu taqdir sapinya pulang
Kurus kering kulit dan tulang, anak-anaknya
Mengeroyok memerah yang baru hilang

Tapi susu-susu kering saja kosong
Mengecewakan membingungkan anak-anak yang penuh harap
Lalu turun suara menyindir dari arwah moyang

Sapi kurus kering jangan keburu diperah
Ambil sabit carikan dulu rumput baginya

(Cucu-cucu tujuh puluh juta harus bekerja)

4.      Teratai (Sanusi Pane)
·         Tema               : Menceritakan pahlawan nasional Indonesia yang tidak 
                          dikenang tetapi beliau sangat berjasa dalam memajukan 
                          pendidikan.
·         Feeling                        : Bait 1) Pengarang merasa heran karena sosok pahlawan  
                                       yang memiliki potensi sangat besar tetapi tidak  
                                       dihiraukan.
                               Bait 2) Meskipun beliau diabaikan tetapi perjuangannya  
                                           terus tumbuh mendunia.
                               Bait 3) Pengarang memberikan semangat kepada Ki Hajar 
                                           Dewantara agar tetap berjuang bagi bangsa  
                                           Indonesia.
                               Bait 4) Pengarang memberikan semangat agar tetap  
                                            menjaga bangsa Indonesia meskipun  
                                            perjuangannya tidak banyak                                 
                                            dilihat oleh masyarakat.
·         Amanat           : Kita harus menghargai jasa para pahlawan Indonesia baik 
                           sekecil apapun jasanya.
·         Korespondensi            : Bait 1) Adanya seorang pahlawan yang berjasa tetapi 
                                       jasanya tidak terlihat oleh masyarakat.
                          Bait 2) Walaupun diabaikan tetapi beliau terus berkarya 
                                      dalam membangun bangsa.
                          Bait 3) Teruskan perjuangan dalam membangun negeri 
                                      Indonesia meskipun sedikit yang memperhatikan  
                                      jasa.
                          Bait 4) Meskipun tidak dikenang tetapi jasa beliau turut 
                                       membangun negeri.
·         Musikalitas      : a.) Rima
       airku dan lalu : rima tak sempurna, rima terbuka, 
                                dan rima akhir.
       teratai dan permai : rima tak sempurna, rima terbuka,  
                                       dan rima akhir.
       dunia dan mulia : rima tak sempurna, rima terbuka, dan 
                                    rima akhir.
       mengarang dan orang : rima sempurna, rima tertutup,  
                                             dan rima akhir.
       bahagia dan Indonesia : rima tak sempurna, rima 
                                              terbuka, dan rima akhir.
       dilihat dan diminat : rima tak sempurna, rima tertutup, 
                                        dan rima akhir.
       biarpun dan biarpun : rima awal.
       engkau dan engkau : rima tengah
       tidak dan tidak : rima tengah
b.) Gaya bahasa
       Teratai
Kepada Ki Hajar Dewantoro
Dalam kebun di tanah airku
Tumbuh sekuntum bunga teratai
Tersembunyi kembang indah permai
Tidak terlihat orang yang lalu

Akarnya tumbuh di hati dunia
Daun berseri Laksmi mengarang
Biarpun dia diabaikan orang
Seroja kembang gemilang mulia

Teruslah O Teratai Bahagia
Berseri di kebun Indonesia
Biar sedikit penjaga taman

Biarpun engkau tidak dilihat
Biarpun engkau tidak diminat
Engkau pun turut menjaga zaman

5.      Duka Cita (Kuntowijaya)
·         Tema               : Menceritakan sebuah keluarga yang sedang kehilang salah  
                                satu anggota keluarganya karena meninggal dunia.
·         Feeling                        : Bait 1) Pengarang merasa sedih melihat sebuah keluarga 
                                      yang ditinggal mati oleh salah satu anggota 
                                      keluarganya.
                               Bait 2) Pengarang merasa menyesali kepergian salah satu 
                                           anggota keluarga itu untuk selamanya .
                               Bait 3) Pengarang merasa sedih melihat wanita-wanita  
                                           yang sedang menangis melihat jenazah.
·         Amanat           : Jangan terlalu luput dari kesedihan karena ditinggal oleh  
                          sanak saudara untuk selamanya, karena itu merupakan
                          takdir dari Tuhan.
·         Korespondensi            : Bait 1) Seseorang yang sedang merasakan kehilangan  
                                      anggota keluarganya.
                          Bait 2) Menyesali kepergian seseorang untuk selamanya.
                          Bait 3) Merasa sedih ketika melihat jenazah yang sedang 
                                      disucikan.
·         Musikalitas      : a.) Rima
       wajahnya dan penghuninya : rima sempurna, rima  
                                                       terbbuka, dan rima akhir.
       kamar dan diluar : rima tak sempurna, rima tertutup,  
                                     dan rima akhir.
       mata dan desa : rima tak sempurna, rima terbuka, dan  
                                 rima akhir.
                                  b.) Gaya bahasa
                                             Duka Cita
Yang memucat wajahnya (tropen)
Merenungi kelabu dinding kamar
Yang ditinggal mati penghuninya
Sedang di luar
Anjing terdiam (eupemisme)
Tak melihat kupu terbang (eupemisme)
Menjatuhkan madu di lidahnya (personifikasi)
Yang terasa getir

Angin tidak bekerja (personifikasi)
Ranting pohonan merunduk (personifikasi)
Menyesali daun kering yang terlepas (personifikasi)
Waktu perempuan berkerudung hitam
Melangkah di atas daunan (metafora)
Berisik, menyayat hati burung (metafora)
Yang pecah telurnya (metafora)

Tangan-tangan gadis
Yang pucat mukanya
Diam-diam meronce melati (personifikasi)
Sambil mengusap air mata
Di  ujung desa
Jenazah sedang di sucikan

                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar